Whatsapp Boros Kuota ? Begini Cara Supaya Hemat

Aplikasi populer untuk chatting yaitu whatsapp sudah sangat banyak digunakan didunia ini, karena kepraktisannya dalam mengirim pesan dan bersosial melalui jalur internet di dalam sebuah aplikasi sederhana, membuat whatsapp semakin digemari oleh banyak orang.

Dari banyaknya kelebihan yang diberikan oleh whatsapp ini, tetap saja ada sedikit kekurangan yang muncul di whatsapp, seperti halnya boros kuota karena beberapa faktor tertentu yang membuat kuota data ketika mengakses whatsapp sangat boros dan memakan sangat banyak sekali kuota internet.
Biasanya hal ini terjadi karena beberapa faktor sebagai berikut ini.

Faktor Yang Menyebabkan Pemakaian Whatsapp Boros Kuota

  1. Terlalu sering melihat status orang lain, biasanya foto dan video yang berdurasi cukup lama akan memakan kuota lebih besar. Video dan foto dari status orang lain akan otomatis ter-unduh ketika anda membukanya pertama kali.
  2. Mengunduh seluruh media yang dibagikan orang lain di whatsapp tanpa sepengetahuan anda.
  3. Membagikan video yang berdurasi cukup lama ke rekan lainnya, atau sebaliknya.
  4. Sering voice call ataupun video call.
Nahh ... dari beberapa faktor yang disebutkan diatas, pasti anda sudah pernah melakukannya bukan ? jika ya ... maka silahkan simak beberapa tips yang cukup bermanfaat untuk anda terapkan agar pemakaian whatsapp tidak terlalu boros kuota.

Cara Hemat Kuota Ketika Membuka Whatsapp

Untuk menjelaskan secara ringkas mengenai cara agar kuota anda bisa hemat ketika menggunakan whatsapp, saya hanya akan mengambil kasus dari ketiga faktor diatas sebelumnya, hal berikut adalah solusi yang bisa anda terapkan untuk mengatasi permasalahan dengan faktor yang tertera diatas.
  1. Biasakan untuk tidak suka iseng membuka status orang lain yang tidak terlalu penting, kecuali jika anda benar-benar ingin tahu dengan hal tersebut. Kebanyakan orang akan selalu membuka status kontak whatsapp mereka sekedar untuk memberihkan bagian pemberitahuan status terbaru, hal iseng seperti inilah yang bisa memicu kuota anda lebih boros dan tentunya akan cepat habis.
  2. Semua media langsung terunduh secara otomatis ? sepertinya anda lupa untuk mengatur bagian ini, karena whatsapp sudah memiliki fitur untuk memilih opsi unduh otomatis media atau tidak. Untuk mengubah setelan ini anda bisa menuju ke menu setelan > Penggunaan data dan penyimpanan > Unduh Otomatis > Ganti semua menjadi "Tidak ada Media".
  3. Untuk masalah pada faktor ketiga ini, biasanya akan selalu di atasi secara otomatis oleh whatsapp dengan cara menurunkan resolusi video ataupun gambar agar ukurannya tidak terlalu besar. Oleh karena itulah kualitas gambar ataupun video yang di share melalui whatsapp akan memiliki kualitas yang lebih rendah bahkan lebih buruk dari aslinya.
  4. Untuk yang biasa melakukan voice call ataupun video call melalui whatsapp, akan lebih baik jika anda mengaktifkan fitur penggunaan data minimum agar kuota yang terpakai sedikit lebih hemat daripada biasanya. Lakukan dengan cara masuk ke Setelan > Penggunaan data dan Penyimpanan > Centang Penggunaan data minimum.

Dengan beberapa tips diatas, dirasa sudah cukup dapat menghemat penggunaan kuota anda ketika sedang menggunakan aplikasi whatsapp. Itulah artikel singkat yang dapat saya berikan untuk anda yang biasanya memiliki permasalahan di borosnya kuota saat menggunakan whatsapp. Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih kunjungannya.

0 Response to "Whatsapp Boros Kuota ? Begini Cara Supaya Hemat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel