Seluruh Komentar G+ Blogger Dihapus ? Saatnya Beralih ke DisQus

Baru-baru ini google mengabarkan bahwa layanan dari perusahaan besar tersebut berupa sosial media yaitu Google+ sudah resmi akan di tutup pada tanggal 2 april 2019 dan tidak dapat digunakan lagi oleh para penggunanya. Hal ini tentunya berdampak buruk untuk para blogger yang menggunakan Google+ sebagai layanan untuk mode komentar pada blog yang di kelola, tentu seluruh komentar yang berbasis google+ akan di hapus seluruhnya.

Untuk mengatasi hal itu, blogger sendiri telah mengganti layanan komentar penggunanya yang jika awalnya menggunakan Google+ menjadi komentar bawaan blogger biasa dengan memanfaatkan profil Blogger. Namun hal itu dirasa cukup merepotkan bagi pengunjung situs, karena tidak semua visitor akan memiliki akun blogger.

Untuk menjadi alternatif, ada baiknya untuk segera beralih menggunakan komentar Disqus yang lebih lengkap dan mudah untuk di gunakan, serta dari segi tampilannyapun komentar Disqus dirasa lebih modern dan pemanfaatannya lebih mendetail, seperti bisa menambahkan gambar yang pada komentar blogger tidak bisa / tidak ada.

Lalu bagaimana cara mengganti komentar blogger menjadi komentar Disqus ?

Cara Mengganti Komentar Google+ Blogger menjadi Komentar Disqus


1. Silahkan langsung kunjungi situs resmi Disqus berikut ini : https://disqus.com/

2. Kemudian klik Get Started

3. Lalu pilih I want to install disqus on my site.

4. Pada bagian selanjutnya, silahkan isikan sesuai dengan identitas situs / blog anda. Baik berupa nama situs dan kategorinya. Lalu tekan Create Site.

5. Kemudian pilih menu Install Disqus pada bagian kanan.

6. Lalu pilih Blogger

7. Selanjutnya pilih Add to any Blogger site.

8. Terakhir, pilih blog yang ingin anda pasangi Disqus, dan pilih Add widget / menambahkan widget.

9. Selesai ... dan berikut adalah hasil dari penampakan komentar Disqus yang sudah Sang Sultan pasang pada blog Sultan Web ID.

Nahh .. itulah tutorial untuk mengganti komentar blog menjadi komentar disqus yang berguna untuk mengatasi komentar google+ yang akan di hapus pada tanggal 2 april mendatang, isu tersebut sudah dijelaskan oleh google sendiri pada pengguna blogger yang bisa kita lihat pada cover dari postingan ini. Jadi tunggu apalagi ? langsung saja ganti komentar blogger kalian ke komentar disqus, gak ada ruginya kok.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel